Jaring Aspirasi Masyarakat, Warga Desa Posek Minta Budidaya Ikan

Abdul Gani Atan Leman saat menggelar reses di Dusun I Teluk Nipah, Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Kamis (14/2/2019).

PIJARKEPRI.COM, Lingga – Warga dusun 1 Teluk Nipah, Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Kabupaten Lingga, meminta Pemerintah daerah membantu para nelayan dengan membuat program budi daya ikan, baik itu jenis ikan laut maupun ikan air tawar.

Haidir, warga Teluk Nipah mengatakan harapannya itu dalam reses anggota DPRD Lingga di Kecamatan Kepulauan Posek. Menurutnya, dengan budidaya ikan sistem kerambah tersebut mengingat, secara keseluruhan warga Teluk Nipah berprofesi sebagai nelayan.

Ia mengutarakan, dengan adanya program budidaya ikan para nelayan akan memiliki penghasilan tambahan serta ada peningkatan yang lebih baik dalam penghasilan, yang akan berimbas pada peningkatan perekonomian keluarga.

“Kami mengharapkan kedepan desa-desa yang ada Kecamatan Kepulauan Posek, akan menjadi desa percontohan dalam budidaya ikan, apakah itu ikan kerapu maupun jenis ikan lainnya, termasuk budidaya ikan air tawar seperti ikan Patin,” kata Haidir kepada Abdul Gani Atan Leman yang melakukan reses di Dusun I Teluk Nipah, Desa Posek, Kecamatan Kepulauan Posek, Kamis (14/2/2019).

Dilanjutkan, untuk pakan ikan di kampung kami tidak masalah, karena cukup banyak ikan dari hasil nelayan menjaring maupun memancing, yang bisa diolah untuk membuat pakan ikan.

“Limbah ikan dari sisa pabrik dan ikan yang tidak digunakan hasil dari menjaring atau memancing, bisa digunakan untuk membuat pakan ikan,” terangnya.

Abdul Gani Atan Leman, Anggota DPRD Lingga dalam menanggapai hal tersebut mengatakan, memang untuk saat ini Pemkab Lingga merencanakan untuk membuat program budi daya ikan dengan sistem kerambah, dengan jumlah lima hingga tujuh ratus kerambah.

Ia menjelaskan, Pemkab Lingga telah melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, selain itu, DPRD Liingga juga telah melakukan survey dibeberapa kolong bekas galian PT Timah untuk menempatkan kerambah.

“Kita berharap dengan jumlah kerambah ikan sebanyak itu, bisa menghasilkan 30 hingga 35 ton ikan, mudah-mudahan hal ini bisa di akomodir,” tutupnya. (ACI).

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *