Semarak Tahun Baru Imlek 2019 Pasar Kota Lama

Aneka stiker imlek 2019 di jual pedagang Pasar Kota Lama Tanjungpinang, tahun baru imlek 2019 merupakan tahun babi tanah. (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Memasuki bulan perayaan tahun baru imlek, para pedagang di pasar kota lama Tanjungpinang mulai ramai mengisi jualan mereka dengan pernak-pernik imlek.

Semarak Tahun Baru Imlek 2019 Pasar Kota Lama dapat dilihat dari para pedagang yang tengah berdagang di pasar Kota Lama Tanjungpinang semisal lampion, stiker shio tahun imlek saat ini, jajanan kue imlek dan cenderamata lainnya.

Sebagaimana diketahui berdasarkan Astrologi China yang ditetapkan Dinasti Han pada kalender lunar China, pada Tahun Baru Imlek 2019 ini dikenal sebagai Tahun Babi dengan unsur Tanah (Bumi).

Sudah tentu pernak pernik yang dijual para pedagang bermotif shio babi. Mulai daei stiker dan ampao dijual sangat murah di pasar Kota Lama Tanjungpinang.

Tak hanya mayoritas penduduk tionghoa di kota itu ikut mencari cendramata semisal stiker dan ampao. Tak jarang pula penduduk yang bukan beragama Budha mencari pernak pernik imlek.

Salah satu diantara penduduk itu Evi Riyanti, menurutnya pernak pernik imlek akan diletakkan dirumahnya dan di rumah kakeknya yang tengah merayakan imlek 2019.

Meskipun Evi menganut kepercayaan Islam, namun tradisi imlek dikeluarganya yang mayoritas tionghoa masih tetap melekat hingga saat ini.

“Ini beli setiker dan ampao untuk rumah kakek dan mama, kan sudah mau imlek,” ungkapnya.

Harga sebuah stiker shio babi yang merupakan simbol dari tahun imlek 2019 dijual pedagang Rp3000 hingga Rp10.000 perlembarnya. Sementara ampao 5 bungkus berisi 10 lember dijual hanya seharga Rp1000.

Beragam lampion imlek juga ikut mengisi ruang dagang para pedagang pasar Kota Lama Tanjugpinang, harganya pun dimulai dari Rp50.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Semarak tahun baru imlek pasar Kota Lama Tanjungpinang 2019 juga dimeriahkan Bazar Imlek di Jalan Merdeka Tanjungpinang. Meskipun tak dilarang pemerintah berdagang di Jalan Pasar Ikan, para pedagang Bazar Imlek saat ini menempati Jalan Merdeka.

Beraneka macam dagangan dijual para pedagang di Bazar Imlek 2019 pasar Kota Lama Tanjungpinang.

Diketahui, berdasarkan Astrologi China, Tahun Baru Imlek 2019 dimulai pada hari Selasa, 5 Februari dan berakhir pada hari Jumat, 24 Januari 2020.

Ini merupakan “Tahun Babi Tanah” yang datang tepat setelah “Tahun Anjing Tanah” (2018) dan sebelum “Tahun Tikus Logam” (2020).

DNP
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top