Gubernur Minta Persiapkan Generasi Penerus Bangsa yang Berkualitas

PIJARKEPRI.COM, Kepri – Pramuka memiliki tugas dan tanggungjawab untuk turut serta mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing.

Karena itu, Kwarda Pramuka harus memiliki program kerja yang lebih berkualitas dalam rangka pendidikan dan pembinaan generasi muda di Provinsi Kepulauan Riau, kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

“Pramuka harus semakin aktif, karena itu dibutuhkan program-program yang konkrit dari Pramuka agar lebih berperan dalam peningkatan kualitas generasi muda,” tambahnya, saat membuka Rapat Kerja Daerah Kwarda Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Pusdiklat Kwartir Daerah Kepulauan Riau di Dompak, Tanjungpinang, Minggu (25/3) malam.

Turut hadir pada acara ini Anggota DPRD Provinsi Kepri Syarafuddin Aluan, Ketua Harian Kwarda Kepri Ir. Lamidi, MM, Sekretaris Kwarda Kepri Drs. Eko Sumbaryadi, Waka Bina Wasa Drs. Syamsuardi, MM, Waka Bina Muda Drs. HZ. Dadang Ag, Humas dan TTG Drs. Sardison, M.TP serta seluruh pengurus Kwarda Provinsi dan Kwarcab Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut Nurdin tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini semakin berat dan kompleks karena cepatnya perubahan zaman. Berbagai persoalan muncul, antara lain, rendahnya solidaritas sosial yang berdampak pada pudarnya rasa nasionalisme bangsa.

Nurdin berharap Rapat Kerja ini mampu menghasil program- program ungulan kepramukaan, terobosan-terobosan yang akan mampu membawa paradigma kemajuan kepramukaan di Provinsi Kepulauan Riau.

“Selamat melaksanakan Rakerda Kwarda Kepri, semoga pelaksanaannya berjalan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan dan program yang ditujukan untuk kemajuan pramuka di Kepri,” ujar Nurdin yang juga merupakan  Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Kepri.

Sementara itu Sekda Provinsi Kepri Arif Fadillah melaporkan bahwa dalam satu tahun kepemimpinnya sebagai Ketua Kwarda Kepulauan Riau telah banyak terobosan yang dilakukan untuk menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan. Di antaranya  melakukan pembenahan struktur organisasi, konsolidasi pengurus agar lebih solid dan kompak, peningkatan fasilitas dan infrastruktur kantor pramuka di Dompak, perluasan bumi perkemahan dan membenahi tata kelola keuangan.

Disamping itu Kwarda Kepulauan Riau juga ikut terlibat beberapa kegiatan sosial diantaranya, penggalangan bantuan dana dan sembako untuk korban gempa Aceh dan korban kebakaran di Kabupaten Lingga serta pelaksanaan Donor Darah sempena Peringatan Hari Pramuka 2017 yang lalu.

Lebih Lanjut Arif mengatakan Rakerda ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu: Untuk melakukan evaluasi program kerja Kwarda Kepri yang telah berjalan pada tahun 2017, menyusun beberapa rencana kerja program Kegiatan Kwarda pada tahun 2018 serta untuk mensinergikan kegiatan Kwarda dengan tingkat daerah dan cabang.

“Mari kita sukseskan kegiatan ini dan buat pramuka lebih berkontribusi lagi untuk pembangunan Provinsi Kepulaun Riau,” kata Arif. (Hum)

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top