Lis Endang Resmikan Posyandu Cempaka dan Lansia Sehat Asih

Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Endang Abdulah, Ketua DPRD Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, saat meresmikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Cempaka dan Posyandu Lansia Sehat Asih, di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jumat (11/2/2022) (foto: din/pijarkepri.com)
Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Endang Abdulah, Ketua DPRD Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, saat meresmikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Cempaka dan Posyandu Lansia Sehat Asih, di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jumat (11/2/2022) (foto: din/pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Anggota DPRD Kepri Lis Darmansyah dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Endang Abdulah meresmikan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Cempaka dan Posyandu Lansia Sehat Asih, di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Jumat (11/2/2022)

Pembangunan Posyandu Cempaka dan Posyandu Lansia Sehat Asih baru selesai dikerjakan. Warga setempat menyambut baik atas terealisasinya ketersedian posyandu tersebut sebagai sarana dan prasarana penduduk, di perbatasan Tanjungpinang Bintan ini.

Lis Darmansyah dalam kesempatan itu mengutarakan harapan kepada masyarakat setempat agar posyandu yang telah dibangun dapat dipergunakan masyarakat sebaik mungkin, untuk keperluan sosial kemasyarakatan lainnya.

Menurut Lis, kedepan peran serta masyarakat untuk meningkatkan sarana dan prasarana guna memanfaatkan Posyandu tersebut, seperti menjadikan halaman Posyandu taman bacaan PKK perlu dilakukan.

Lis berharap, pemanfaatan dan keaktifan Posyandu Cempaka dan Posyandu Lansia Sehat Asih, di Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur diberbagai kegiatan dinilai terbaik dan teraktif di kota gurindam.

“Kita harus jadikan posyandu ini pilot projek atau posyandu yang bisa menjadi percontohan untuk posyandu lainnya di Kota Tanjungpinang. Semoga tempat ini bisa menjadi bermanfaat banyak untuk masyarakat,” kata Lis.

Pemerintah terus mendorong posyandu menjadi salah satu garda terdepan dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan masyarakat.

“Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat potensial yang mempunyai peran dan fungsi dalam mendukung penyelenggaraan upaya peningkatan pelayanan kesehatan dasar di tingkat desa/kelurahan” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam pembukaan Seminar Modernisasi Posyandu dan Launching Logo Posyandu, Kamis (29/4/2021)

Seiiring kemajuan zaman dan teknologi, posyandu dituntut untuk dapat lebih aktif. Posyandu masa kini dituntut untuk dapat melakukan surveilans berbasis masyarakat, yaitu pengamatan atau pemantauan secara terus menerus pada penyebab terjadinya masalah kesehatan di wilayahnya.

Ini dapat digunakan sebagai proses identifikasi penyebab masalah kesehatan di suatu wilayah.

“Tentu ini akan bermanfaat dalam pengenalan masalah kesehatan masyarakat secara mandiri, mendorong tercapainya posyandu aktif, dan peningkatan capaian program prioritas seperti pencegahan stunting, pencegahan Covid-19, dan peningkatan layanan ibu dan anak,” ungkapnya.

Selain meresmikan Posyandu Cempaka dan Lansia Sehat Asih, Lis menjelaskan, pemerintah juga akan membangun rumah ibadah umat muslim, berbentuk Mushola di pemukiman tersebut, pada tahun ini.

“Mudah-mudahan tahun ini juga akan dibangun Mushola di tempat ini, kata Lis.

Dalam kegiatan tersebut, Lis didampingi Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdullah dan Ketua DPRD Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, Lurah Air Raja Ibnu Roji, Rukun Warga dan Rukun Tetangga, Tokoh Masyarakat Kampung Banjar, LPM dan penduduk setempat memotong pita, sebagai tanda peresmian Posyandu Cempaka dan Lansia Sehat Asih.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *