Balai Wartawan Raja Ali Kelana Akan Dioperasikan Kembali

Bangunan Balai Wartawan Raja Ali Kelana, di Tanjungpinang.
Bangunan Balai Wartawan Raja Ali Kelana, di Tanjungpinang.

PIJARKEPRI.COM – Pemerintah Kota Tanjungpinang akan memfungsikan kembali Balai Wartawan Raja Ali Kelana, di Tanjungpinang, Kepri. Kabarnya bangunan tersebut akan dijadikan sebagai sekretariat bersama organisasi kewartawanan di kota itu.

Walikota Tanjungpinang Rahma, belum lama ini, dalam temu ramah pengurus PWI Tanjungpinang-Bintan mengatakan akan meninjau kembali peruntukan bangunan tersebut.

Rahma berharap, Balai Wartawan Raja Ali Kelana dapat menjadi tempat berhimpun organisasi kewartawanan di Tanjungpinang sehingga tak perlu mengeluarkan operasional sewa-menyewa lagi.

“Kami akan cek dulu, dan semoga rekan-rekan dalam waktu dekat bisa menempati gedung tersebut tanpa harus memikirkan sewa kantor seperti yang sudah terjadi beberapa tahun terakhir ini,” kata Rahma.

Terpisah, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungpinang Bintan, Zakmi, Jumat (12/3/2021) mengatakan, Balai Wartawan Raja Ali Kelana di Batu 8 Atas Tanjungpinang akan dijadikan sekretariat bersama organisasi kewartawanan konstituen Dewan Pers di kota itu.

Persetujuan penempatan Balai Wartawan Raja Ali Kelana tersebut masih menunggu serah terima fungsi aset Pemerintah Kota Tanjungpinang kepada PWI Tanjungpinang-Bintan sebagai salah satu organisasi kewartawanan Dewan pers di Tanjungpinang.

“Belum lama ini kami (PWI) sudah bertemu Walikota Tanjungpinang Rahma. Secara lisan nantinya Balai Wartawan Raja Ali Kelana akan diserahkan untuk dipergunakan sebagai sekretariat bersama organisasi kewartawanan. Tapi kami menunggu proses administrasinya,” kata Zakmi.

Zakmi mengungkapkan, selain menjadi sekretariat bersama organisasi kewartawanan di kota itu, di halaman Balai Wartawan Raja Ali Kelana akan dijadikan tempat-tempat untuk masyarakat sebagai pengembangan Usaha Miro Kecil Menengah (UMKM).

Trobosan PWI Tanjungpinang-Bintan untuk membuka lapak-lapak UMKM di pelataran Balai Wartawan Raja Ali Kelana dinilai untuk membangkitkan kembali semangat ekonomi masyarakat berwirausaha ditengah adaptasi kebiasaan baru.

“Nantinya, halaman Balai Wartawan tersebut akan kita dirikan kios-kios untuk masyarakat maupun wartawan yang ingin berwirausaha. Namun ini masih menunggu proses penyerahan dari Walikota Tanjungpinang,” kata Zakmi.

Diketahui, Balai Wartawan Raja Ali Kelana berdiri di lahan eks PT Antam. Bangunan tersebut dibangun sejak Tanjungpinang masih masuk Kabupaten Kepulauan Riau yang dipimpin Bupati Abdul Manan Saiman.

Penamaan Balai Wartawan Raja Ali Kelana diresmikan Walikota Tanjungpinang Suryatati A Manan. Pada tahun 2003, balai wartawan itu sempat dipakai oleh PWI Tanjungpinang sebagai sektariat kewartawanan. (ANG)

Editor : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *