Tiga Partai Usung Endang Wakil Walikota Tanjungpinang

Foto dari kiri : Ketua DPC PKB Tanjungpinang Yandi Andriana, Ketua DPC Gerindra Tanjungpinang Endang Abdullah, Ketua DPC PDI Perjuangan Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, di kediaman Lis Darmansyah, Tanjungpinang, Minggu (12/7/2020). (Foto: pijarkepri.com)
Foto dari kiri : Ketua DPC PKB Tanjungpinang Yandi Andriana, Ketua DPC Gerindra Tanjungpinang Endang Abdullah, Ketua DPC PDI Perjuangan Tanjungpinang Yuniarni Pustoko Weni, di kediaman Lis Darmansyah, Tanjungpinang, Minggu (12/7/2020). (Foto: pijarkepri.com)

PIJARKEPRI.COM – Tiga partai politik di DPRD Kota Tanjungpinang mengusung Endang Abdullah sebagai bakal calon Wakil Walikota Tanjungpinang.

Tiga Parpol itu yakni, PDI Perjuangan, Gerindra dan PKB Tanjungpinang. Ketiga Parpol tersebut sepakat mengusung Endang Abdullah.

Endang Abdullah menjabat Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Tanjungpinang. Gerindra dan Golkar merupakan partai pengusung Calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang pada Pilwako Tanjungpinang 2018.

Gerindra dan Golkar merupakan partai pengusung H Syahrul dan Hj Rahma sebagai Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang terpilih Pilwako Tanjungpinang 2018. Kedua partai itu mengusung calon berbeda kepada Plt. Walikota Tanjungpinang Rahma.

Gerindra Tanjungpinang mengusung Endang Abdullah, sedangkan Golkar mengusung Ade Angga maju di pemilihan calon Wakil Walikota Tanjungpinang di gedung DPRD Tanjungpinang dalam waktu dekat.

Kedua nama calon Wakil Walikota Tanjungpinang itu sudah sampai di meja pengurus partai pusat. Menunggu rekomendasi itu sampai di daerah, kedua calon tengah melangsungkan komunikasi politik lintas partai, sebab, Wakil Walikota Tanjungpinang dipilih oleh parpol di DPRD Tanjungpinang.

Baca Juga : Muhammad Soerya Respationo Silaturahmi Bersama PDIP, Gerindra dan PKB di Rumah Lis

PDI Perjuangan Tanjungpinang mendapatkan arahan dari Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, H Muhammad Soerya Respationo, agar mendukung rekomendasi terbaik Calon Wakil Walikota Tanjungpinang dari Gerindra.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kepri, H Muhammad Soerya Respationo, di Tanjungpinang, mengatakan sudah memerintahkan fraksi PDI Perjuangan di DPRD Tanjungpinang untuk mendukung suara pengusungan bakal calon Wakil Walikota Tanjungpinang dari Gerindra.

“Saya sudah meminta kepada ketua DPC PDI Perjuangan agar memerintahkan fraksi untuk memberikan dukungan suara yang diusung oleh partai Gerindra nanti di paripurna,” kata Soerya saat silaturahmi bersama pengurus partai, di kediaman Lis Darmansyah, Tanjungpinang.

Alasan kuat PDI Perjuangan mendukung calon Wakil Walikota Tanjungpinang dari Gerindra menyamakan komunikasi politik berupa koalisi partai di pusat dengan daerah. PDI Perjuangan pusat berkomunikasi baik dengan Gerindra usai Pemilu serentak 2019.

“Pasca terpilihnya pak Jokowi dan pak Probowo masuk dalam kabinet pak jokowi, komunikasi politik di tingkat pusat di bangun, di tingkat daerah juga seyogyanya demikian,” ujarnya.

Kemudian, selain dara pada itu, PDI Perjuangan menilai Gerindra memiliki kesamaan ideologi partai, sebagai partai nasionalis, di Indonesia. Hingga saat ini, kedua partai tersebut aktif melakukan komunikasi politik.

“Insyaallah kalau komunikasi politik ini terjalin dengan baik dengan sebagaimana diharapkan maka persatuan dan kesatuan Indonesia akan lebih baik lagi,” kata H Muhammad Soerya Respationo.

Soerya juga menginstruksikan agar PDI Perjuangan Tanjungpinang dapat membangun komunikasi politik dengan PKB dan partai politik lainnya di daerah itu.

“Kemudian membangun komunikasi dengan PKB dan partai partai lain untuk menuju kemenangan bakal calon wakil walikota Tanjungpinang,” ujarnya.

Sedangkan Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Tanjungpinang, Yandi Adrian, mengatakan ketua umum PKB mengamanahkan agar pengurus PKB di daerah dapat mendukung koalisi partai pusat.

PKB Tanjungpinang bersama PDI Perjuangan dan Gerindra sepakat mengusung Endang Abdullah sebagai bakal calon Wakil Walikota Tanjungpinang.

“Berdasarkan intruksi Ketum PKB, kami diarahkan untuk mendukung calon Wakil Walikota Tanjungpinang rekomendasi Gerindra. Dan koalisi partai antara PKB, Gerindra dan PDI Perjuangan berlaku diseluruh daerah,” ujarnya.

Sedangkan Endang Abdullah mengutarakan ungkapan terimakasih kepada PKB, Gerindra dan PDI Pejuangan yang sudah mempercayakan kepada dirinya untuk diusulkan menjadi calon Wakil Walikota Tanjungpinang di DPRD Tanjungpinang.

Endang berharap, jika dia dipercaya sebagai Wakil Walikota Tanjungpinang mendapingi Walikota Tanjungpinang definitif kedepan dapat menjadi penyeimbang dalam menjalin hubungan harmonis antara legislatif dan eksekutif di Kota Tanjungpinang.

“Harapan saya tidak jauh, kami tetap ikhtiar dan tidak jumawa, akan ada suatu keberhasilan. Harapan kami ini optimisme, apabila saya dipilih dari rekan-rekan dewan, mudah-mudahan kami menjadi penyeimbang antara legislatif dan eksekutif, berada di unsur Pemerintah kota Tanjungpinang,” pungkasnya.***

Pewarta : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *