Pleno KPU Jokowi-Ma’ruf Menang di Tanjungpinang Prabowo-Sandi Menang di Tanjungpinang Timur

KPU saat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Tanjungpinang pada Pemilu 2019, di CK Hotel, Tanjungpinang, Sabtu 4 Mei 2019, malam. (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang mengumumkan hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Tanjungpinang pada Pemilu 2019, di CK Hotel, Tanjungpinang, Sabtu 4 Mei 2019, malam.

KPU Tanjungpinang menghitung dan menetapkan hasil penghitungan surat suara di Kota Tanjungpinang pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota di Kota Tanjungpinang.

Dalam hasil penghitungan suara Calon Presiden dan Wakil Presiden, KPU menetapkan hasil penghitungan suara Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor (01) Ir. H. Joko Widodo – Prof. Dr. (H.C) Kh. Ma’ruf Amin dengan total prolehan suara 63.099 sementara Calon Presiden nomor (02) H. Prabowo Subianto – H. Sandiaga Salahudin Uno memproleh suara 50.437.

Selisih suara Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi di Tanjungpinang sebanyak 9.662 suara. Selisih suara ini mengantarkan Jokowi-Ma’ruf secara keseluruhan penghitungan suara Pemilu Presiden 2019 di empat kecamatan tiga Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Tanjungpinang.

Prolehan suara itu berdasarkan jumlah suara sah 116.536, suara tidak sah 1.388, suara sah dan tidak sah 117.924.

Kendati kalah dalam penghitungan suara secara keseluruhan Pemilu Presiden 2019 di Kota Tanjungpinang, paslon presiden nomor 02 Prabowo-Sandi unggul di Dapi II Kecamatan Tanjungpinang Timur, dengan perolehan suara 24.736 suara, sementara paslon presiden nomor 01 Jokowi-Ma’ruf mendapatkan perolehan suara 23.523.

Akan tetapi, kemenangan Prabowo-Sandi di Tanjungpinang Timur tidak dapat menutupi prolehan suara calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma’ruf di Kecamatan Tanjungpinang Barat memproleh suara dukungan 15.339, Tanjungpinang Kota 7369 dan Bukit Bestari 16.868.

Sementara Calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Sandi memperoleh suara di Tanjungpinang Barat 11.175 suara dukungan, Tanjungpinang Kota 3.923 dan Bukit Bestari 13.603 suara.

“Jumlah suaranya sesuai dengan apa yang diperhitungkan, silahkan melihat sendiri,” kata Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin Nasution usai rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019, di CK Hotel, Minggu 5 Mei 2019, dinihari.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kota Tanjungpinang pada Pemilu 2019 itu, KPU Tanjungpinang juga menetapkan hasil penghitungan suara DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten kota, di Tanjungpinang.

Pewarta : Aji
Editor : Ali Atan Sulaiman

Share

PinIt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top