Sturman Jalin Silaturahmi Bersama Kader PDI Perjuangan, Menuju DPR RI

Mayjen TNI (Purn) Sturman Panjaitan saat menggelorkan semangat juang memenangkan PDI Perjuangan dalam Pemiku serentak 2019. Sturman merupakan Caleg DPR RI Dapil Kepri No.2 . (f-ang)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Calon Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau nomor 2, Mayjen TNI (Purn) Sturman Panjaitan menjalin silaturahmi dengan sejumlah pengurus PDI Perjuangan di Kota Tanjungpinang, Senin (11/3/2019).

Politisi baru banteng moncong putih ini menyapa pengurus partai dan masyarakat di kantor DPD PDI Perjuangan Kepulauan Riau, Jalan DI. Panjaitan Kilometer 7, Tanjungpinang. Sturman merupakan satu dari lima striker PDI Perjuangan yang akan merebut kursi Senayan.

Purnawirawan pasukan baret merah TNI Angkatan Laut gugus tempur marinir ini, baru saja enam bulan menempatkan pengabdiannya di PDI Perjuangan. Dia bersama 13 purnawirawan TNI lainnya diusung PDI Perjuangan untuk bertarung di Pemilu serentak 17 April 2019.

“Sekali layar terkembang pantang surut ke belakang. Saya yakin dan percaya mari bersama kita bangkit, PDI Perjuangan pasti dapat menang di Pemilu 2019,” ujar mantan Staf Khusus KSAL ini.

Menurutnya, memilih PDI Perjuangan sebagai pengabdian terkahirnya dalam hidup bernegara yakni, kesamaan cita-cita bangsa, sebuah partai yang mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami tertarik bergabung dengan PDIP karena PDIP memiliki aspirasi dan cita-cita yang sama dengan TNI yaitu, memegang teguh Pancasila, kebhinekaan, dan keutuhan NKRI,” kata Sturman.

Dalam pemaparannya, Sturman menempatkan Kepri dalam hati dan perjuangannya kedepan sebagai Wakil Rakyat dengan pemetaan demografi Kepulauan Riau, terkhusus adalah masyarakat pesisir dan kemajuan pembangunan.

“Kepri 96 persen adalag lautan, saya memahami betul apa yamg harus diperjuangkan untuk kemajuan Kepri, terutama dari berbagai sektor pembangunan kerakyatan. Bersama PDI Perjuangan, saya yakin Kepri akan terus maju dan berkembang,” ujarnya.

Suatu harapan yang tak banyak Sturman sampaikan ke masyarakat yakni. “Beri Contoh dan Jadikan Dirimu Contoh,” ungkap pria kelahiran Sumatera Utara, 17 Oktober 1959 ini.

Menurut Sturman, Kepri memiliki sumber daya mineral maritim, dan kekayaan yang besar serta memiliki banyak peluang di sektor perdagangan dunia, dengan potensi yang ada, persaingan Kepri bukan lagi sebatas antar daerah, akan tetapi sudah bersaing dengan negara perbatasan, begitulah impian Sturman.

Menurutnya pula, Kepri butuh percepatan pembangunan yang setara di bidang maritim seperti pelabuhan dan tempat pelelangan ikan.

Pembangunan infrastruktur lain seperti bandara, jalan, dan jembatan perlu diprioritaskan untuk mendukung pemeringkatan investasi di seluruh kawasan.

Sturman tidak menafikan perhatian pemerintah pada pengembangan Kepri sebab pembangunan kemaritiman daerah yang dituju sesuai dengan perkembangan yang dimulainya di Jokowi.

Untuk meningkatkan pembangunan yang lebih maju dan merata perlu ditingkatkan melalui APBN dan diperjuangkan ke pemerintah pusat.

Upaya tersebut tentunya dilakukan melalui jalur legislatif di rapat yang akan disuarakan daeri legislator asal Kepri, dan terus memperjuangkannya.

“Saya meminta restu masyarakat dan dukungan dari masyarakat pemilih di Dapil Kepri untuk mempercayakan saya di DPR-RI periode 2019-2024 dengan sepenuh hati untuk memajukan Kepri dari jalur legislatif,” ujarnya.

Rekam Jejak Sturman Panjaitan

Sturman Panjaitan merupakan salah satu perwira korps marinir TNI terbaik di negeri ini. Sebagai marinir sejati ia telah melakukan lebih dari panggilan kewajibannya kepada TNI sehingga negara memberinya berbagai tanda penghargaan dan bintang jasa. Sturman menapaki karier kemiliterannya dari bawah.

Setelah lulus dari Akademi Angkatan Laut pada tahun 1983 ia dipercaya mengemban berbagai tugas strategis. Jabatan terakhir Sturman adalah Staf Khusus KSAL. Jabatan sebelumnya, di antaranya sebagai Komandan Pasukan Marinir 2 Jakarta, Komandan Kodiklat TNI, Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI, dan Perwira Staf Ahli Tingkat IlI Bidang Industri Teknologi Militer Panglima TNI.

Dalam jabatannya itu Sturman banyak terlibat dalam berbagai operasi dan tugas kemiliteran, juga tugas nontempur seperti penanggulangan bencana dan SAR. Salah satu daerah tugas operasi Sturman adalah Kepulauan Riau.

Beberapa operasi kemaritiman dilakukan terkait posisi hinderland Kepri sebagai jalur lalu lintas laut terpadat di dunia dan memiliki pulau- pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Sturman dan pasukannya juga ambil andil mengamankan Jakarta pada Peristiwa 1998.

Sejarah kontemporer mencatat betapa besarnya peran marinir untuk mengamankan Jakarta kala itu. Situasi genting dapat dikendalikan marinir melalui pendekatan simpatik dan persuasif sehingga mampu meredam kerusuhan yang lebih luas. Pendekatan yang sama juga dilakukan Sturman dan pasukan marinir lainnya untuk meredam Konflik Maluku yang membara sepanjang tahun 1999 sampai dengan 2002.

Dalam menjalankan tugas operasi kemaritiman yang dilakukan Sturman selaku komandan marinir antara lain Satgas Pam Nipah, Satgas Pembangunan Fasilitas di Setengar, Selat Lampa, Tanjung Sekal dan Sarkras Posal Mangkal, Pulau Natuna, serta Satgas Elang Laut Brigif 3 Mar BKO Koarmada I Batam.

Saat ini Sturman menempatkan pengabdiannya di PDI Perjuangan sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil Kepri nomor 2.

ANG
Editor : Aji Anugraha

Share

PinIt

One thought on “Sturman Jalin Silaturahmi Bersama Kader PDI Perjuangan, Menuju DPR RI”

  1. Andy berkata:

    Saya yakin Pak Sturman Panjaitan mampu menjadikan Kepri lebih baik lagi, Do’a dan dukungan kami sekeluarga utk mu pak Sturman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top