GM FKPPI Pupuk Pemahaman Wasbang Untuk Pelajar

Pengurus GM FKPPI Kepri saat memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan kepada para siswa/i SMP N 12 Tanjungpinang. (F-ANG)
Pengurus GM FKPPI Kepri saat memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan kepada para siswa/i SMP N 12 Tanjungpinang. (F-ANG)

PIJARKEPRI.COM, Tanjungpinang – Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (GM FKPPI) bekerjasama dengan Komando Resor Militer (Korem) 033/WP Kepri, memberikan pemahaman Wawasan Kebangsaan (Wasbang) untuk para pelajar di sejumlah sekolah.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 mendapatkan kesempatan pertama menerima Wasbang dari OKP dan lembaga negara tersebut

Ketua GM FPPI Kepulauan Riau Agung Triyanto, di Tanjungpinang, Selasa (24/7) mengungkapkan Wasbang merupakan sarana untuk memupuk rasa cinta tanah air sejak dini kepada para pelajar.

Menurutnya, wawasan kebangsaan Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara Indonesia yakni, Pancasila.

“Kita memotivasi generasi muda dimulai dari pelajar untuk belajar pengetahuan Pancasila, bagaimana hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ungkapnya.

Selain itu, dia mengatakan Wasbang merupakan upaya negara untuk membentengi para generasi muda dari pengaruh negatif informasi yang tidak benar (Hoax) yang bertujuan untuk memecah belah persatuan.

“Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ada 4 konsensus dasar negara yang perlu kita ketahui bersama yakni Pancasila, UUD Negara RI 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Menurutnya, pola kehidupan seperti itu perlu terus disosialisasikan kepada generasi muda, karena sampai saat ini, dalam bersikap dan bertindak, generasi muda banyak yang masih belum mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai Dasar Negara.

Ia mengatakan, kegitan tersebut akan terus berlanjut ke semua tingkatan pelajar yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Harapan kami dengan adanya kegitan ini para pelajar dapat memahami arti wawasan kebangsaan dan membina jati diri sebagai bangsa yang besar,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Wasbang tersebut sedikitnya 159 pelajar ikut aktif menerima materi pemahaman Wawasan Kebangsaan yang diberikan GM FKPPI dan Personel Korem 033/WP.

Pewarta : Aji Anugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *